Sabtu, 18 Juni 2016

4. Exterior - Museum Agung Rai

Ø  Sirkulasi
Sirkulasi kendaraan pada bangunan ini hanya terbatas di parkiran. Parkiran pada bangunan ARMA ini menggunakan lapisan paving. Untuk sirkulasi manusia, pada objek ini telah sangat baik dengan telah disediakannya jalan setapak dengan batas-batas yang terlihat jelas. Dan vegetasi yang rindang sehingga pejalan kaki dapat dengan nyaman berkekeliling. Sebelum memasukki bangunan-bangunan utama, kita harus melewati kolam ikan dan jembatan yang terbuat dari bebatuan.

Perkerasan yang digunakan untuk sirkulasi manusia (jalan setapak) adalah paving dan sebagaian lagi adalah hasil dari cor semen yang di berikan aksen-aksen berupa susunan kerikil sebagai estetika. Pemilihan lapisan pada exterior harusnya memiliki permukaan yang kasar dan tidak licin saat hujan. Sikulasi yang terbentuk dalam lingkungan ARMA ini terhubung satu sama lain dengan berbagai petunjuk yang dapat memudahkan pengunjung.

Ø  Persampahan
Sampah yang mendominasi di Museum Agung Rai yaitu sampah dedaunan, karena banyak nya pepohonan di area Museum Agung Rai. Untuk sistem pembuangan sampah dedaunan ini sendiri, pada sore hari petugas kebersihan di museum membersihkan sampah yang ada dan mengumpulkannya pada tempat pembuangan sampah sementara yang kemudian akan diambil oleh truk sampah ( 2 kali seminggu ) dan dibawa menuju pembuangan sampah akhir.

Ø  Vegetasi
Penghijauan pada objek ini telah sangat baik. Dengan ditanaminya berbagai bagai macam pohon diantaranya pohon kamboja, pohon petai cina, pohon tanjung, pohon mangga, bambu dan lain-lain. Vegetasi tersebut juga diimbangin dengan ditanamnya beberapa tanaman dalam pot. Banyak bunga juga ditanam disana diantaranya ada anggrek, kamboja, lily, mawar, kenanga, dan lain-lain.
Pengunjung juga mendapatkan informasi mengenai tumbuhan-tumbuhan yang ada karena disedikannya catatan kecil berisikan informasi seputar tanaman tersebut. Dengan banyaknya vegetasi yang ada membuat suasana kawasan ARMA sangat asri dan rindang meskipun tidak banyak shellter yang disediakan.


Ø  Fasilitas Umum
Selain museum terdapat pula beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan oleh para pengunjung diantaranya adalah :
-          Lobby                                            -  ARMA cafe
-          Reservasi Tiket                              -  Kokokan Club
-          Ruang Pameran                             -  Sanggar Tari
-          Toko Buku                                    -  Kerajinan Pahat
-          Perpustakaan                                 -  Sanggar Seni
-          Lavatori                                         -  Warung Kopi
-          Kantin                                           -  Panggung Terbuka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar