Sabtu, 18 Juni 2016

3. Utilitas - Museum Agung Rai

·         Pengertian Utilitas Secara Umum
Utilitas Bangunan adalah suatu kelengkapan fasilitas bangunan yang digunakan untuk menunjang tercapainya unsur-unsur kenyamanan, kesehatan, keselamatan, kemudian kominikasi dan mobilitas dalam bangunan.Penanganan bangunan harus selalu memperhatikan dan
menyertakan fasilitas utilitas yang dikoordinasikan dengan perancangan yang lain, seperti perancangan arsitektur, perancangan struktur, perancangan interior dan perancangan lainnya. Perancangan utilitas tersebut terdiri dari :
ü  Perancangan Sistem Plumbing
Sistem perancangan plambing adalah suatu sistem penyedian atau pengeluaran air ke tempat-tempat yang dikehendaki tanpa ada gangguan atau pencemaran terhadap daerah-daerah yang dilaluinya dan dapat memenuhi kebutuhan penghuninya dalam masalah air.

Pada Museum Agung Rai sistem penyediaan atau penyimpanan air bersih menggunakan tangki air. Tangki  air adalah tempat penampungan air yang diletakkan di atas bangunan, yang terbuat dari fibre glass atau plat-plat baja terdiri dari komponen plat yang disusun. Air bersih disalurkan melalui pipa vertikal dan horizontal.



Air bersih yang disalurkan berfungsi untuk mensuplai dibeberapa area yang membutuhkan air bersih seperti kamar mandi, dapur, dan penyiraman tanaman yang dialirkan menggunakan selang.
Dan untuk air buangan atau air kotor adalah air bekas pakai yang dibuang. Pembuangan air kotor atau air bekas sendiri dialirkan melaui pipa air menuju selokan yang ada hingga melalui beberapa tempat dan terakhir dialirkan menuju sungai. Untuk pembungan air hujan juga dialirkan menuju sungai terdekat.
ü  Listrik
Muatan arus listrik disalurkan menggunakan kabel-kabel yang ditanam di dalam tanah, penanaman kabel listirk ini bertujuan untuk meminimalisir adanya kerusakan kabel akibat pengaruh lingkungan atau yang lainnya. Selain itu ditanam nya kabel listrik bertujuan untuk memperindah tempat tersebut agar terlihat rapi dengan tidak adanya kabel listrik yang bergelantungan di atas.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar