Sabtu, 18 Juni 2016

Arsitektur Bali Kontemporer / Modern


            Biasanya arsitektur modern bercirikan dengan minimnya ornamen yang digunakan.Dalam hal ini fungsi lebih diutamakan dalam menentukan bentuk, ukuran, dan bahan. Dengan kata lain arsitektur modern ini bersifat fungsional dan efisien. Pada awal tahun 1970-an, Indonesia mulai menerapkan gaya arsitektur modern pada desain rumah-rumah.
            Arsitektur modern timbul karena adanya kemajuan dalam bidang teknologi yang membuat manusia cenderung memilih suatu yang mudah, ekonomis, dan bagus. Banyak bangunan di Bali yang telah menggunakan gaya arsitektur modern maupun kontemporer . Sedangkan arsitektur kontemporer ini sangat dipengaruhi oleh gaya modern. Produk arsitektur kontemporer sangat mewakili gaya yang kekinian, langgam dan tren-tren globalisasi. Misalnya konsep arsitektur ramah lingkungan.

Arsitektur kontemporer  dapat dikatakan sebagai arsitektur anti-vernakular, dengan memaksimalkan penggunaan material-material baru secara aspiratif, inovatif dan tinggi resikonya. Hasil dari arsitektur kontemporer ini sangat mengutamakan penggunaan teknologi dan material, serta geometri yang menjadi hits di tahun-tahun terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar