Sabtu, 18 Juni 2016

2. Exterior - Klapa Resort

Klapa New Kuta Beach adalah sebuah tempat hiburan dengan restoran mewah yang bertengger di atas tebing sebelah barat dengan pemandangan Pantai Dreamland. Menawarkan suasana matahari terbenam di samudera hindia. Pelayanan kelas bintang lima dan dilengkapi dengan dua buah kolam renang.

Klapa New Kuta Beach terletak di Desa Pecatu Kabupaten Badung di Komplek Pecatu Indah Resort. Berjarak kurang lebih 32 km dari pusat kota denpasar dan sekitar 55 menit dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Ø  Land use (exterior)
Penggunaan lahan-lahan pada eksterior Klapa Resort ini dapat dibagi dalam persentase berikut :
a.         Bangunan                         : 40 %
b.        Penghijauan                       : 40 %
c.         Perkerasan                        : 10 %
Penggunaan lahan pada Klapa Resort secara garis besar antara
bangunan dan penghijauan memilik persentase yang seimbang. 
Ø  Sirkulasi
o   Sirkulasi Manusia

Pada sisi luar depan bangunan, sirkulasi manusia pada objek Klapa Resort ini tidak terlalu terlihat batasannya. Tidak ada jalur khusus untuk pejalan kaki maupun untuk pengunjung yang memiliki kendaraan. Menurut kami diperlukan jalur khusus untuk pejalan kaki dari parkiran menuju ke gedung. Dan sebaiknya disediakan pula sheltter pada jalur tersebut.
Namun pada sirkulasi di sisi belakang bangunan (teras belakang) sirkulasi untuk manusia telah tersedia dan memiliki pola yang membantu pengunjung mengarah ke ruang ataupun wahana yang di kehendaki.

o    Sirkulasi Kendaraan
Sirkulasi kendaraan pada objek ini telah baik. Akses dibagi atas 2 jalur yaitu jalur masuk dan jalur keluar. Diantara kedua jalur tersebut dibatasi oleh vegetasi-vegetasi tanaman hijau.
Lebar jalan masuk utama di Klapa Hotel ini ± 10 m. Ukuran ini digunakan agar bus pengunjung dapat masuk. Perkerasan yang digunakan sebagai akses kendaraan adalah aspal.
Terdapat pula gerbang pintu masuk yang dilengkapi dengan portal sebagai salah satu sarana keamanan dalam lingkungan Klapa Resort.

Ø  Fasilitas Umum
a.       Kolam renang.
Kolam renang ada dua buah dengan luas dan kedalaman yang berbeda. Kolam berenang ini didesain menghadap lautan sehingga memberikan kesan bebas.


b.       Lobby & Ruang Pertemuan Outdoor







Klapa Resort, Bali terdapat eksterior yang indah dan menawan serta memiliki banyak furniture yang dapat digunakan untuk bersantai bagi pengunjung. Salah satunya adalah gambar IV.96 ini, merupakan furniture yang berbahan material kayu, dengan desain meja bundar yang menghadap langsung ke panorama laut serta dapat melihat keindahan bukit hijau. Area ini dibatasi oleh pagar. 


Diarea ini juga terdapat furniture, yang berdekatan dengan kolam renang yang ada di Klapa Resort,Bali. Disini terdapat dua macam furnitur diantara nya sofa panjang berwarna merah dan sofa kecil berwarna hitam,dengan desain meja bundar yang menghadap ke panorama pantai, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan pantai bali.

Di Area ini memiliki tempat duduk dengan tambahan payung, kurangnya vegetasi peneduh diarea ini yang memungkinkan udara panas. Area ini terdapat di depan kolam renang,dan mengahadap dengan panorama laut.
Terdapat dua kotak sampah disisi kanan dan kiri berukuran sedang. Terdapat pohon palem sebagai penghias.
c.       Klapa resto
Resto ada tiga yaitu dua resto di lantai satu kemudian satu resto lagi di lantai 2. Restoran di lantai 2 memiliki sifat semi privat, dan restoran lantai 1 memiliki sifat publik. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan tamu yang datang.

d.      Gazebo.
Gazebo dengan ukuran berbeda dan tidak berhubungan langsung dengan pantai. Gazebo disusun beraturan dan berdekatan dengan cafe outdoor yang menghadap langsung ke pantai.

e.       Tempat Bilas
Tempat ini berdifat privat dan diperuntukan bagi pengunjung yang akan membilas / mandi. Tempat ini berada didekat kolam.

f.      Cafe Outdoor
Untuk mengakses tempat ini mengunjung harus menuruni anak tangga ke bagian bawah dari Klapa Resort. Cafe ini utamanya diperuntukan bagi pengunjung yang sedang menikmati indahnya lautan. Di Cafe ini terdapat kursi dan meja bermaterial kayu sehingga menambah kesan natural.

g.       Tempat Pementasan


Tempat Pementasan ini memiliki permukaan lantai kayu dan berbentuk persegi lima. Elevasi antara tempat pementasan  dan lantai pathway ini dibedakan dengan dua anak tangga. Jika sedang tidak ada pementasan ruang ini ditata kursi / sofa dan digunakan sebagai outdoor lobby bagi pengunjung yang ingin bersantai.
ü  Vegetasi
Sesuai dengan namanya, Klapa New Kuta beach dominan ditanami pohon kelapa gading di bagian public open space-nya. Kemudian juga tanaman bunga kamboja , rerumputan teki , dan palm. Serta terdapat pula aneka rerumputan serta semak yang menjadikan suasana alami.
Pada bagian belakang Klapa Resort vegetasi telah ditata dengan sangat baik, terlihat pihak designer dengan apik-nya memadukan berbagai jenis tanaman sehingga membuat suasana terkesan lebih segar. Namun menurut kami kurangnya pohon-pohon rindang pada area parkiran membuat Klapa Resort terkesan gersang dan panas.


ü  Jalan dan Selasar
Jalan/selasar menuju Klapa Resort, terdapat kolom di sepanjang jalan tersebut,yang  sebelumnya terdapat 14 buah anak tangga. terdapat taman air disebelah kanan dan kiri yang memiliki patung air yang dapat menambah kesan ekstetika disepanjang jalan/selasar ini. Terdapat vegetasi penghias di sisi jalan tersebut.


ü  Interesting Point


Ini bukan Mesir maupun Paris, tetapi bangunan ini adalah di Klapa Resort yang terdapat di Pecatu,Bali. Kaca Pyramid dan taman tropis yang indah. Meimiliki Tempat yang sempurna untuk tempat pernikahan atau fungsi khusus. Mudah memenuhi 600 orang fungsi berdiri atau 300 orang untuk round table dan dapat meilihat keindahan laut birudan dikelilingi oleh tanaman hijau.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar